Penayangan bulan lalu

Rabu, 29 Agustus 2012

Mahasiswa Ideal

     Isu yang kembali mulai diangkat dan kembali diperbincangkan saat ini diseputar Mahasiswa yang aktif di berbagai organisasi yaitu Mahasiswa Ideal, sebenarnya apa yang membuat isu ini diangkat dan krusial untuk dipermasalahkan? Berdasarkan fakta yang ditemukan oleh teman-teman aktivis (Sy sebut saja begitu) adalah Karakteristik Mahasiswa saat ini sudah jauh dari harapan dari teman-teman aktivis, dapat dilihat kecenderungan yang terjadi saat ini adalah Mahasiswa lebih suka untuk menjadi apatis terhadap berbagai kegiatan organisasi yang ditawarkan selain itu Mahasiswa menjadi lebih memiliki pola pikir individualistik maka dari itulah munculah istilah Mahasiswa kupu-kupu (kuliah-pulang-kuliah-pulang). Sebenarnya sangat disayangkan jika potensi yang sebenarnya tersimpan dalam setiap Mahasiswa tersebut tidak disalurkan hanya karena ingin cepet lulus.
   Mahasiswa Ideal suatu istilah yang menunjukan terbentuknya suatu keseimbangan pada diri Mahasiswa yang diharapkan mampu memberikan sesuatu bagi bangsa dan negara. Namun bagaimana agar seorang Mahasiswa bisa dikatakan ideal, ya memang saat ini masih belum ada suatu standar yang ditetapkan untuk ke arah sana namun sebenarnya telah banyak buku-buku yang bertebaran di negeri ini mengungkapkan bagaimana seharusnya Mahasiswa itu baiklah Saya akan sedikit share apa yang telah saya dapatkan dari buku Bung Karno Menggugat (BKM) tentang Kepribadian Beliau ketika menjadi Mahasiswa yang mungkin dapat dijadikan kriteria tercapainya Mahasiswa Ideal:
1.  Serius dalam menempuh studi formal
     Bung Karno saat menjadi Mahasiswa lulus tepat waktu padahal banyak sekali kesibukannya teman-teman. Jadi bukan sebuah alasan seorang aktivis untuk menunda kelulusannya.
2.  Giat membaca buku di luar bidangnya
     Tidak ada salahnya menurut Saya kalau kita bisa menambah ilmu dan wawasan kita akan bidang lain. Tentu dengan memahami ilmu-ilmu di luar bidang yang kita tekuni pasti akan membuat pikiran kita lebih luas dan terbuka.
3.  Bertemu langsung dengan warga masyarakat
     Seiring dengan seringnya Kita bertemu dengan warga masyarakat maka Kita akan merasakan kondisi riil yang dihadapi langsung oleh Masyarakat lebih bagus lagi kalau kita dapat banyak berinteraksi dengan warga masyarakat dan mendengarkan keluh kesah mereka karena pemimpin yang baik tidak hanya dilihat dari bagaimana cara mereka memimpin dan memberi intruksi tapi juga bisa mendengar.
4.  Berorganisasi di tengah kesibukan
     Organisasi merupakan hal terpenting bagi seorang Mahasiswa karena Organisasi merupakan sarana bagi Mahasiswa untuk membentuk karakter kepemimpinannya (Karakter Building).
5.  Memiliki komitmen yang mendalam bagi rakyat Indonesia
     Merupakan tugas dari generasi muda untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan yang telah merebut kemerdekaan dari para penjajah namun sayangnya hingga detik ini merdeka belum dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia maka sudah saatnya Mahasiswa sebagai generasi muda bisa melanjutkan tongkat estafet ini.
      Itulah 5 poin menurut Saya yang harus dimiliki oleh setiap Mahasiswa dan kalau boleh Saya ingin menambahkan satu poin, poin yang paling penting diantara ke lima poin diatas, yaitu bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa seperti sila pertama dalam pancasila, apalah arti itu semua tanpa dibarengi dengan kepatuhan Kita kepada Tuhan Yang Maha Esa. Terakhir Semoga tulisan ini bisa menjadi pedoman bagi Teman-teman Mahasiswa untuk memperoleh gelar Mahasiswa Ideal.
"Mahasiswa Nikmati Semua Prosesnya"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar